Sunday, October 26, 2014

Internet Connection Sharing dengan Jaringan Ad-Hoc di Windows 7


Well my brotha and sistha pada postingan saya yg sebelumnya saya telah membahas tentang Jaringan Ad-hoc di Windows 7, nah pada postingan saya kali ini saya akan membahas salah satu manfaat dari jaringan ad-hoc. Pada postingan saya sebelumnya kita sudah mengetahui kalau jaringan ad-hoc itu bisa dipakai untuk bermain game dan sebagai sarana pertukaran data antar komputer. Namun tahukah kamu kalau jaringan ad-hoc itu bisa dipakai untuk membagi koneksi jaringan internet atau istilah kerennya ICS (Internet Connection Sharing). Internet Connection Sharing adalah software bawaan dari windows yg membuat kita dapat berbagi koneksi jaringan internet dengan mudah.
Mungkin kamu pernah mengalami masalah seperti ini, ketika itu kamu sedang bermain internet dengan laptop dalam koneksi jaringan LAN kemudian dua orang teman kamu datang menghampiri kamu dengan maksud tersembunyi dimana maksud tersembunyi itu adalah mau ikutan ngenet bareng, ciee bahasanya pakai kata – kata “maksud tersembunyi”buat orang berpikiran negatif aja neh, hehehehe :P Namun masalahnya kabel RJ45 nya udah di pakai semua, dan teman kamu tidak bisa ikutan ngenet bareng karena kabelnya dipakai semua. Mungkin untuk pemecahan masalahnya kamu dapat memakai fasilitas ICS yg dari tadi kita bicarakan, kamu dapat menggunakan laptop kamu sebagai pembagi koneksi jaringan internetnya. Nah untuk cara pemakaiannya kamu bisa mengikuti tutor yg saya buat ini, pada tutor kali ini saya akan sharing cara menggunakan ICS di windows 7, neh step by stepnya :
1.Pertama kita harus mempunyai kompi atau laptop yg mempunyai dua network adapter yaitu ethernet adapter (LAN card) dan wireless network adapter << syarat mutlak harus dipenuhi
2.Kedua untuk menggunakan ICS salah satu adapter harus menggunakan ip diantara range 192.168.137.1 – 192.168.137.254, sementara ketika itu ip range laptop kamu ada di 10.10.0.1 – 10.10.0.254 nah apakah ini menjadi masalah ? tentu saja tidak dan justru menjadi kabar bagus karena syarat terjadinya routing adalah menggunakan 2 alamat  IP dengan network ID yang berbeda (keren banget kan penjelasan saya ? hehehe, sebenarnya ini bukan penjelasan dari saya tapi dari om S’to dari bukunya yg berjudul Jasakom Wireless Kungfu. Gubrakk !!! ngak apa apa deh ada sedikit unsur copas, yg penting my brotha and my sistha ngerti ok ;) ) kira – kira penjelasannya seperti ini :

3.Nah untuk mengaktifkan ICSnya sendiri, klik wireless icon di sudut kanan monitor atau bisa juga dengan cara Start -> Control Panel -> Network and Internet -> View Network status and tasks.
internet connection sharing di windows 7
4.Kemudian pilih Change Adapter Settings yg ada di sidebar kiri
internet connection sharing di windows 7
5.Pilih LAN adapter kamu lalu klik kanan pilih Properties
6.Buka tab Sharing
7.Kemudian kasih tanda centang di Allow other network users to connect through this computer’s internet connection
8.Lalu pada bagian Home Networking Connection pilih Wireless Network Connection
internet connection sharing di windows 7
9.Kalau ingin tahu tentang ICS kamu bisa klik tab Settings, di sana kamu bisa mengatur Services Internet apa saja yg bisa dipakai oleh user. Kamu bisa mendisable penggunaan FTP, IMAP3, IMAP4, SMTP, POP3, Remote Desktop, HTTPS, Telnet,dan HTTP.
internet connection sharing di windows 7
10.Kalau udah selesai mensettingnya klik Ok.
Dan akhirnya teman kamu yg mempunyai maksud tersembunyi tadi bisa ngenet bareng sama kamu, selamat berinternet ria dan kalau ngenet jangan lupa kunjungi blog saya ;) sekalian promosi blog hehehehe

1 comments:

  1. Terimakasih gan :)
    Tutorialnya sangat jelas sekali.
    Mau tanya neh. .
    Bagaimana semisalnya kita menangkap sinyal WiFi, terus kita sudah terkoneksi di WiFi tersebut. Terus kita mau menshare koneksi tersebut ke laptop, Handphone, dll. Apa kah ada caranya ? Atau bisa menggunakan cara di atas ??
    Makasih

    ReplyDelete

© Template by Lakuin Ajadeh